Hidroganik : Tanam Padi Tanpa Cangkul

SUMEKS.CO – Tanaman Hidroganik merupakan tanaman Hidroponik namun menggunakan sistem organik. Media tanam yang digunakan tanaman Hidroganik yaitu menggunakan pupuk organik dan dibawah alat tanaman Hidroganik bisa digunakan untuk beternak ikan.

Forum Kader Posyandu Indonesia (FKPI), menguji coba menanam padi menggunakan sistem Hidroganik, dijalan Makrayu no.30 Kelurahan 30 ilir, Kecamatan Ilir Barat II Palembang, Rabu (23/10).

Sebelum padi ditanam padi terlebih dahulu disemai didalam netpod selama 2 sampai 3 hari hingga padi mengeluarkan kecambah.

Setelah itu padi langsung dipindahkan ke instalasi Hidroganik yang sudah diberi pupuk organik. Sebanyak 376 media tanam bisa menghasilkan 70 kg padi dan 40 kg beras. Lalu 1000 benih ikan bisa menghasilkan kurang lebih 200 kg ikan.

“Tanaman Hidrogranik merupakan tanaman yang benar-benar menggunakan pupuk organik majemuk (menggunakan pupuk kandang). Pupuk yang digunakan dari kotoran ikan yang berada di bawah alat instalasi Hidroganik. Jadi kita tidak perlu memberi pupuk sampai kita panen” Terang Dayu Sekretaris FKPI.(dwi)

Read Previous

Menghijaukan Sumsel dengan Sayuran Sehat Tanpa Pestisida

Read Next

Galang Ormas dan Dunia Usaha dalam Pembangunan Kesehatan